Loading...

Senin, 14 Mei 2012

cara menggulung dinamo tamiya

Sebenarnya soal melilit dinamo tamiya itu mudah,rahasianya hanya ada di dalam cara melilitnya.cara melilitnya sebenarnya hanya dibutuhkan kerapatan yang cukup.untuk kelas tune up sebaiknya memakai lilitan 0,45 - 0,8 mm.magnet pun berbeda-beda karakternya,untuk 0,45 - 0,6mm sebaiknya memakai magnet tipis untuk menyetabilkan arus listrik,untuk diameter kawat diatas 0,6 dianjurkan memakai magnet tebal untuk menambah torsi dinamo tsb.intinya semakin banyak lilitan semakin besar pula torsinya(speed rendah), dan sebaliknya.
saya anjurkan setelah melilit supaya lilitan tsb dilem menggunakan ALTECO (he...he... bukan promosi lho..) agar lilitan tsb tidak renggang saat dinamo berputar akibat gaya sentrifugal.

Perbandingan lilitan dan kuat arus :
I1={N2/N1}x I2 ; untuk N= banyaknya lilitan, I kuat arus. jadi I=V/R berarti bisa you itung sendiri khan, besar lilitan yg dibutuh kan dengan mengetahui volt batre dibuat tetap, sedang tahanan yg berubah.
perlu diperhatikan juga, apabila putaran yg di hasilkan dinamo besar akan tetapi akan berpengaruh terhadap ketahanan magnet. akibat panas yg dihasilkan.

(12 lilitan)




biar saya berikan penjelasan
pertaman cari kawat ukuruan 0.4-0,9 kemudian anda gulugn kawat di dinamo tersebut dengan gulungan mencapai 9 gulung untuk 1 kilik, dan tiap masing masing 3 kilik anda harus 9 gulungan, dan selesai. kemudian gulung lagi ke awal sekitar 10 gulungan, berarti dalam 1 kilikan anda mendapat 18 gulungan dari yang pertama dan yang ke dua. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar