Loading...

Senin, 14 Mei 2012

cara merakit tamiya sloop

1. Saya pastikan dulu kalo chassis'nya presisi(ngga Templang) caranya :
a). Pasang semua Ban dengan ukuran yg biasa kita pakai, Pastikan ukuran kanan & kirinya sama.
b). Pasang Gearbox+Mesin+Batre+ dikunci pake kunci batre.
c). Lihat dikaca/papan seting, pastikan semua ban nempel pada permukaan kaca/papan seting tanpa ditekan.
2. Pasang Penguat Pinggang, pemasangan ini dieksekusi pada saat Point (1.b), ini penting buat saya agar pada saat mobil siap untuk lari, mobil ini dlm keadaan Presisi(tanpa harus melintir2 chasiss karena ban'nya ada yg ga nempel dipermukaan papan seting(napak).
3. Pemasangan part lain bisa nyusul, bisa random sesuai mood'nya aja yg penting dasarnya sudah presisi..  Masalah enak dilihat ato ngga tergantung kejelian kita dan kreatifitas masing2. 
Makin sering bikin mobil juga lama2 rapih juga.

 cara pasang bering( breaqk depan)
1. Saya bikin pola dulu dari pcb 1,5mm seperti dibawah ini.. pastikan jarak masing2 spasi as (yang dilingkari), sama.. Caranya dengan pengukuran mengunakan sigmat(garis merah sebagai patok ukur).
Image
Image

2. Saya potong bagian depan chassis sesuai dengan bentuk pola tempat dudukan as dan bearing, seperti dibawah..
Image
bersambung..
Sambungannya :
3. Tempel Pcb ke Chassis (depan) calon dudukan bearings, Penting: sebelum ditempel agar di'amplas' terlebih dahulu permukaannya. lagi2 jadikan garis merah sebagai titik ukur sigmat, lingkaran kuning = lobang bearing Roda depan, seperti dibawah ini
Image
4. Lem as ke PCB yg telah ditempel ke Chassis(sedikit saja) Menggunakan lem biasa dulu agar tidak terlalu keras saat diatur ketinggiannya, seperti dibawah,
Image
Image
Bersambung lg.. ;)
Sambungannya :
5. Pasang roda depan & Belakang, Biasanya saya menggunakan Depan : 20" Belakang : 22"mm, taruh dipapan/kaca seting, atur masing2 ketinggian jarak bearing(kanan&kiri) masing2 permukaan bearing jangan sampai ada yg tidak nempel saat menyentuh permukaan kaca seting(sambil di gerakkan maju-mundur), kalau ada yg tidak nempel kita tinggal menurunkan/menaikan ujung salahsatu as yg kurang/terlalu tinggi dengan bagian tengah as bearing depan yang masih menempel(kena Lem), Kalau (saya)biasanya jarak bearing ke Permukaan kaca sekitar 1.5mm,
Seperti gambar dibawah :
Image

6. Setelah di"rasa" sudah Simetris(ukur dengan sigmat semua sisi, perhatikan atas - bawah, kiri & Kanan), Isi bagian/rongga dalam belakang as bearing dengan araldite/ sponge(sabut cuci piring), PENTING: Perhatikan pada saat mengisi rongga, jangan sampai bearing terkena lem, beri jarak/ batas Lem, seperti dibawah :
Image

7. Sambil menungu Lem Rongga kering, Siapkan Pola Pcb/Carbon untuk menutup bagian depan mobil, setelah di"rasa" kering Tempelkan pola tersebut, Seperti dibawah ini :
Image
Sekali lagi harap berhati-hati pada saat penge"lem"an, jangan sampai bearing kena Lem, kalau kena.. 8-) Kita bersihkan lemnya dan balik lagi ke proses No.4.. :lol:

8. Proses terakhir.. 8-) ,, Ikat dengan benang(Cap Peniti = Recommended) masing2 sisi as bearing, TIPS biar rapih: Ketika mengikat As, anggap saja kita lagi ngegulung mesin dengan kawat mahal & Anggkur keren, biar hati2 & ga melenceng dar jalur urutan.. :lol: Seperti dibawah :
Image

Image

Image

Catatan yang paling penting.. : Semua cara ini adalah kebiasaan saya, sebenarnya masih ada beberapa cara lg yg lebih praktis, cuma baru cara inilah yang terdokumentasi, kalau ada kesempatan lagi bikin yg lebih praktis & terdokumentasi, InsyaAllah pasti saya upload disini lagi. Saya ngga mengharuskan mengikuti cara2 diatas, jika temen2 semua diforum ini ada cara yg lebih praktis lg & terdokumentasi mohon sudilah kiranya kita berbagi disini, jika ada masukan/Kritikan untuk cara2 saya diatas, saya bakalan dengan Suenneng bgt menerimanya.

6 komentar:

  1. tanya dikit nih gan? sasis bagian ada yang di potong untuk bearing ya. ulasan buat gulungan ada nggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyuntuk sasis depan ad yg di potong sedikit intuk dudukan masukx bearing depan

      masalh gulungan udh di bahas di postingan bru

      Hapus
  2. Mantap gan....
    Gan tlong dunk ulasan tentang gulungan n magnet yng bner2 pas untuk ngejar speed tinggi

    BalasHapus
  3. untungngejer speed tergantung track...
    bila trackx terlalau bnyak tikungan lebih baik pke kawat gede
    sedangkan untuk track yag bnyak lurusannya mending pakai kawat kecil

    BalasHapus
  4. keren nich... mana lanjutannya bro... cara pasang yang lainnya.... thanks

    BalasHapus
  5. klo boleh tw itu Baring dpn'a pake apa yah ?

    BalasHapus